Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Jumat, 01 Januari 2010

MENGATASI GEJOLAK FENOMENA ALAM DENGAN KEAJAIBAN HATI MANUSIA


Sering terjadinya gejolak fenomena alam yang terjadi pada tahun 2009 dan yang akan terjadi di tahun 2010 ini di permukaan bumi ini membuat diri kita khawatir tentang keselamatan diri kita masing-masing. Karena hal tersebut tidak dapat dicegah dengan ilmu tekhnologi yang dimiliki oleh para cendikiawan, dikarenakan mereka sebagai manusia memiliki keterbatasan dalam hal ilmu tekhnologi yang dapat menaklukan rumusan gejolak fenomena alam ini.

Bila kita sebagai manusia mau mengkaji lebih jauh, maka kita akan menemukan suatu jawaban yang diberikan oleh Allah Sang Maha Pencipta Alam dalam mengatasi gejolak fenomena alam di akhir jaman dengan menempuh keajaiban hati yang dimiliki oleh setiap insan manusia yang sudah menjadi kelangkaan di setiap diri insan manusia tersebut, apalagi usia alam bumi ini sudah terlalu tua.

Perumpamaan hati adalah cermin, karena selama ia jernih dari karat dan kotoran dapatlah dilihat padanya segala sesuatu. Apabila karat menutupinya dan tidak ada yang menggosoknya untuk menghilagkan karatnya, maka ia pun diselimuti karat dan kotoran, lalu akhirnya binasa. Akibatnya ia tidak dapat dan dibersihkan. Itulah yang di maksud dengan sabda Rasulullah Saw :
"Sesungguhnya dalam tubuh anak Adam (manusia) terdapat segumpal daging. Apabila ia baik, baiklah seluruh tubuh, ia adalah ati."
Dan Rasulullah Saw bersabda :
"Sesungguhnya hati itu berkarat seperti esi yang berkarat."
Ada yang bertanya; "Bagaimana mengilangkannya?"
Rasulullah Saw menjawab; "Mengingat mati dan membaca Al-Quran."

Apabila kepemimpina hati gagal, seluruhnya, maka setanpun berkuasa dan sifat-sifat terpuji berubah menjadi tercela."

Diberitahukan bawa penglihatan hati dan teragnya dapat terwujud dengan mengingat Allah dan ia bisa mengingat Allah dengan bertaqwa. Ketaqwaan adalah pintu untuk mengingat Allah dan zikir adlah pintu "kasyaf" sedang "kasyaf" adalah pintu keberuntungan terbesar.


Lafal al-qolbu bisa ditetapka untuk dua arti :
  1. Pertama, daging yang terdapat di dalam dadadisebelah kiri dan di dalam rongganya berisi darah hitam. Ia adlah sumber roh dan tempat tinggalnya. Daging dalam bentuk ini juga terdapat pada hewan dan orang mati.
  2. Kedua, adalah bisikan Robbaniah Ruhaniah yang mempunyai suatu hubungan dengan daging ini. Bisikan inilah yang mengenal Allah dan memahami apa yang tidak dapat dijangkau oleh khayalan dan angan-angan, dan itulah akikat manusia dan dialah yang diseru. Makna ini ditunjukan oleh firman Allah : "Sesungguhnya pada yang demian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yag mempunyai akal" ( QS: Qaaf ayat;37).

Andaikata yang dimaksud dengan al-qlbu disini adalah jantung , tentulah ia terdapat pada setiap orang.

Maka ketahuilah bahwa kaitan bisikan dengan daging ini adalah kaitan yang tersamar, tidak dapat terjangkau dengan penjelasan, tetapi tergantung pada penyaksian. Hanyalah dapat dikatakan bahwa bisikan (hati) itu seperti raja dan daging ini seperti gedung dan kerajaan, karena kalau hubungannya seperi halnya benda-benda, tentulah tidak bisa dikatakan. "Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya". (QS: Al-Anfaal ayat; 24)


Ilmu yang sholeh dan terdapaT di dalam hati bilamana dengan cara belajar dan melakukan pendahuluan, maka itu adalah cara Sufi, yaitu dengan kasyaf dan penyaksian, hal itu ada 2 (dua) macam :
  1. Seperti terjadinya ilham di dalam jiwa, yaitu bisikan di dalam hati. Rasulullah Saw bersabda : "Sesungguhnya Ruhul Quds membisikkan di dalam hatiku : cintailah siapa yang engkau kehendaki, karena engkau pasri berpisah dengannya. Dan beramallah apa saja yang engkau kehendaki, karena engkau pasi dibalas. Hiduplah sekehendakmu, karena engkau pasi mati".
  2. Jenis ilham, yaitu bila disingkap baginya hakikat-hakikat dan segala sesuatu dan ditunjukkan malaikat yang ditegaskan untuk itu dari siapa ia mendapat faedah.

Hati yang bersih itu adalah cermin yang bening dan terang.Telah engkau ketahui sebelumnya bahwa itu hakikat-hakikat segala sesuatu yang terukir di Lauh Mahuz. Bagitu hijab (tabir) terangkat dan cermin berada di hadapan Lauh Mahfuz, tersingkaplah hakikat-hakikat ilmu dan terangkatnya yabir, terkadang di waktu tidur dan terkadang dalam keadaan terjaga, dan terkadang dengan tiupan angin lembut tanpa sebab dari pihak hamba atau persiapan sehingga berkilau di dalam hati dari belakang tabuir keajaiban suatu ilmu.

Allah lebih tahu tentang cahaya dan bisikan lembut yang diungkapkan bagi hati mereka, dan ia adalah cara Nabi dan para wali, karena mereka tidak menghasilkan ilmu dan hakikat-hakikat dengan belajar, tetapi mereka menemukna harta terpendam dan tidak berusaha untuk menghasilkannya.

Hati itu mempunyai dua pintu. Satu pintu menuju dunia indera-indera dan satu pintu menuju alam gaib. Kebenaran perkataan ini diketahui dengan merenung di waktu tidur, karena engkau lihat keajaiban-keajaiban di dalamnya dan tampak segala yang gaib bagimu dan apa yang akan terjadi setelah beberapa waktu yang lama dan dalam keadaan terjaga. Hal itu dialami oleh siapa yng suci hatinya dari segala sesuatu selain Allah dan menghadaplah seluruh dirinya kepadaNya.

Rasulullah Saw bersabda :
"Beruntunglah al-mufriduun".
Ada yang bertanya :
"Siapakah mereka, ya Rasulullah ?"
Rasulullah Saw menjawab :
"Orang-orang yang berijtihad dengan mengingat Allah dan zikir itu menghilangkan dosa-dosa mereka, lalu mereka muncul di hari kiamat dalam keadaan ringan".

Ternyata jalan masuk ini seluruhnya adalah pintu yang masuk dari hati yang menuju alam gaib, yaitu alam Allah.

Orang-orang mukmin berjalan dengan cahaya mereka seperti gunung dan sebagian mereka diberi yang lebih kecil sehingga orang terakhir diberi cahaya pada ibu jari kakinya. Maka sekali ia bersinar dan sekali ia padam. Apabila bersinar, ia melangkahkan kakinya lalu berjalan. Dan apabila padam, ia tetap berdiri dan lewatnya mereka di atas shirat adalah menurut kadar cahaya mereka.

Hati itu mempunyai sebuah pintu, dimana setan masuk di hadapan pintunya yang menuju alam gaib. Setan mengeluarkan bisikan serperti hlnya malaikat mengeluarkan bisikan. Sifat-sifat tercela adalah pintu masuk setan ke dalam hati. Jalan masuk setan menjadi sempit atau tertutup sesuai dengan banyaknya sifat-sifat tercela yang dihilangkan. Sebaliknya kalau dibiarkan, maka meluaslah pintu-pintu itu terhadap setan. Apabila engkau tutup pintu ini, mka hati menjadi hikmah dan tempat turunnya malaikat. Apabila engkau biarkan terbuka maka hatipun menjadi saang setan.

Kehidupan diatas permukaan bumi ini akan terasa lebih damai dan indah, serta didukung oleh keberadaan alam yang selalu mendukung dengan memberikan rasa kenyamanan dibarengi dengan kelimpahan segala bentuk taufiq dan hidayah yang diberikan oleh Allah yang sangat berlimpah ruah tanpa adanya kerusakan dan pertikaian diatas muka bumi ini.


Manakala Allah memberikan kita karunia, Allah ingin kita menyadari kabaikanNya.
Manakala Allah membuat kita kehilangan Allah ingin menunjukan kepada kita kekuasaanNya yang luar biasa.
Allah menginginkan membuat kita paham bahwa Allah menampakan diriNya kepada kita dalam anugrahNya.

Kepasrahan adalah keputusan sikap untuk tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan pada masa lalu Jadikan kehidupan ini menjadi sesuatu yang lebih positif dan menyenangkan. Bahwa Hari esok akan lebih baik dari hari sekarang.

SELAMAT TAHUN BARU 2010
SELAMAT TAHUN BARU 2010
SELAMAT TAHUN BARU 2010
SELAMAT TAHUN BARU 2010
SELAMAT TAHUN BARU 2010






Coppyright Eyangresi313 @2010


43 komentar:

Alwi mengatakan...

SELAMAT TAHUN BARU 2010
SEMOGA MAKIN SUKSES DAN MAKIN ISTIQOMAH DLM BERIBADAH

Alwi mengatakan...

Link dah terpasang ......

udienroy mengatakan...

salam kenal sahabat

udienroy mengatakan...

Berkunjung di pagi hari. Silaturahmi kepada sahabat semua, selamat ya kita sudah berhasil memasuki tahun 2010, semoga di tahun 2010 ini penuh berkah dan rahmat dari sang maha agung, di jauhkan dari segala macam bencana di hindarkan dari segala macam mara bahaya, sehingga kita hidup penuh kedamaian,

dadangsupriadi mengatakan...

Salam kenal Eyang,,
Terimakasih atas nasihatnya

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Semoga Allah SWT memberkahi kita semua dan memudahkan segala urusan kita. Tahun 2009 sudah meninggalkan kita dan tahun 2010 kita awali dengan niat dan doa serta berharap kehidupan kita kian lebih baik lagi. Amin...

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Terima kasih Eyang sudah mampir komentar, pasang link dan follow....

Aku pasang balik yah..

Blogger Terpanas mengatakan...

selamat tahun baru moga-moga ALLAH senantiasa melimpahkan rahmat-NYA kepada kita semua. amien...

pak dogol mengatakan...

di hati terlekatnya nafsu..

yang menjadi punca kecelakaan dan kesengsaraan..

menidurkan nafsu adalah juga dengan mengurangkan kehendak selera perut..

salam..

Abula mengatakan...

Selamat Sore,
Selamat Hari Senin menjelang Selasa,,

Salam Hangat Selalu,
AbulaMedia.com

Berry Devanda mengatakan...

selamat tahun baru...
salam kenal...

websmaster.info mengatakan...

Penuh misteri :D
Salam kenal

alamendah mengatakan...

Terima kash Eyang atas nasehatnya yang bermanfaat ini.

wibisono mengatakan...

salam kenal untuk sahabatku..

link sudah terpasang..

KangBoed mengatakan...

Selamat Tahun Baru 2010
Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
DEMI MASA..
DEMI WAKTU..
WAL ASRI..
semuanya sudah kita lalui bersama sama..
Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
Sebelum TERLAMBAT
Selamat Tahun Baru 2010

KangBoed mengatakan...

Selamat Tahun Baru
Semangat Baru
Menemukan Diri Sebenar Diri
Meraih Kehidupan Sejati..

:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...

Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara

Nusantara terkenal sebagai Negeri yang Kaya Raya
Tempat Singgasana para Koruptor berpesta pora
Hukum dan Keadilan Merana terbeli oleh Uang si Kaya
Kebenaran menjauh dan kesewenang wenangan meraja lela

Tragedi dan Bencana Alam Menjadi Makanan Pokoknya
Melihat orang susah sedih senang hati tertawa terbahak
Bencana Alam menjadi obyek wisata rakyat tiada tersentuh
Dana Bantuan menjadi sumber penghasilan baru manusia buta

Duniawi di Sembah Sanjung Puja Melebihi Tuhan yang Kuasa
Agama menjadi bahan cemoohan dan kedok alat kekuasaan
Tiada Perduli Akan Peringatan Alam yang beruntun terjadi
Membuat NUSANTARA Menangis bak sebuah Negeri Kutukan

Beban dan Masalah hidup manusia semakin berat tiada terjunjung
Orang semakin lupa diri berubah menjadi Jahat dan Serakah
Bahkan PerTOBATan NASIONAL sepertinya sudah terlambat
NUSANTARA sedang menuju KIAMAT KECIL dan Terkubur

Nasib Wong Cilik semakin terhimpit dan tersungkur semakin dalam
Mengadu kepada siapa tiada pernah tahu akan nilai kejujuran
Berulang kali hanya menjadi bahan olokan dan pemanfaatan belaka
Akhirnya kami hanya tertipu dan tertipu termakan keserakahan

Hmm.. Entah sampai kapan semua akan bertahan seperti ini
Ketika ALIF sudah tiada ditegakkan maka tunggulah kehancuran
Kala ALIF miring dan ALIF doyong tiada berdiri tegak kokoh lagi
Tunggulah Segera Gelombang Cinta menghantam Menghempaskan

Wong cilik semakin Melarat tertimpa kesulitan berkepanjangan
Kekayaan dan Sumber daya tersebar hanya terdengar dan tak terasakan
Polah pejabat dan wakil rakyat penuh kebohongan dan ketamakan
Bergaya suci bak seorang pandito di belakang penuh kebusukan

Sadar dan Berjaga jagalah masa Arus Percepatan sudah tiba
Hidup Eling lan Waspodo tidak ikut terseret arus perubahan
Tentunya petuah ini hanya bagi manusia yang mau belajar
Mengamati dan mengambil hikmah dari perjalanan negeri menyedihkan

Semua akan berjalan demikian cepat dan semakin cepat
Yang buruk akan semakin buruk dan bertambah buruk
Yang korup akan semakin korup dan bertambah korup
Yang Jahat akan semakin Jahat dan bertambah jahat

Keburukan dan Kejahatan menjadi Raja atas Negeri Nusantara
Tragedi dan Bencana semakin Kerap Menimpa tiada diperdulikan
Berhati hatilah sahabatku semuanya yang berkumpul di sini
Jika Esok semakin tiada menentu dan tiada terperikan lagi

Sekali lagi berhati hati dan berjaga jagalah senantiasa
Karena ARUS PERCEPATAN segera menimpa Nusantara
Memang sudah Jamannya Jaman Edan sesuai kata pujangga
Siapa tiada edan tiadalah kebagian dan mati kekeringan

Tetapi nasihat bijak untuk hidup Eling lan Waspodo dalam melangkah
Tiada tertipu dan terjebak kenikmatan sesaat yang menghancurkan
Pegang TEGUH nilai nilai kebenaran dan kejujuran dalam diri
Itulah manusia yang selalu setia menegakkan ALIF dalam diri

Karena sesungguhnya masa kelam akan segera berlalu tertiup
Akan Terbit Sinar Sang Surya dari Negeri Nusantara JAYA
Tiba waktunya setelah semua mengalami satu kejadian besar
Hukuman ALLAH yang sebenarnya turun atas negeri tercinta

Sangat dekat putaran sang Waktu dan tiada lama lagi terjadi
Kejadian yang mengerikan dan Membuka mata setiap manusia
Gelombang Ketakutan tiada terperi membangkitkan kesadaran
Sadar akan betapa jauhnya Negeri ini meninggalkan TUHAN

Tiba saatnya Bangkit dengan dipimpin HATI NURANI yang dalam
Keadilan Sosial merata gemah ripah loh jinawi bagi rakyatnya
Nusantara Bangkit.. Nusantara Jaya.. sebagai Pemimpin Dunia
Mercu suar dari TIMUR segera bercahaya menyinari DUNIA..

Sederhana hanya Berpatokan pada Ketulusan dan Keikhlasan
Kejujuran dan Kebenaran menjadi Amanat Suci yang digenggam
Satrio Pinandita sinisihan wahyu.. bukan membawa wahyu baru
Karena semua JALAN itu mudah dan di buat susah oleh manusia !!!

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

‘TUK SEMUA SAHABAT SAHABATKU TERSAYANG

” I LOVE YOU PUUUUULLLLLLLLLLL “

denaihati mengatakan...

Makaseh sudi mampir di denaihati. Makaseh juga masukkan link denaihati di blog yang mantap nih. Aku juga sudah tambahkan link blog ini di bloggroll denaihati.

Semuga kita bisa terus bertukar-tukar ILMU untuk kejayaan dunia akhirat.

yayat38 mengatakan...

Terima kasih sekali kunjungannya ke blog saya. Baru pertama sekali saya kemari namun merasa tersanjung sekali.
Terima aksih sekali lagi.
Salam hangat selalu :)

jalandakwahbersama mengatakan...

Assalamu'alaikum,
Allah Swt berfirman “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri,....”(QS. Al Isra [17} : 7) (Dewi Yana)

EYANG RESI 313 mengatakan...

Terimakasih untuk para sahabatku yang telah berkunjung di blog Eyangresi.

Abula mengatakan...

Selamat siang menjelang sore,
Selamat hari Rabu,
Semoga tetap semangat untuk berkarya dan sukses selalu,

Salam Hangat,
AbulaMedia

Elsa mengatakan...

salam kenal juga Eyang Resi...
terima kasih atas postingan menarik yang penuh pembelajaran ini...

bundadontworry mengatakan...

Salam kenal Eyang.
terima kasih eyang sudah menyempatkan berkunjung ke blog bunda yg seadanya.
Semoga memasuki tahun baru ini, Allah swt tetap memberikan ridhaNYA pada kita dlm menjalani kehidupan .
Selamat Tahun Baru 2010.
salam.

budies mengatakan...

terima kasih telah berkunjung di blog saya yang jauh di kalimantan. mohon izin berteduh, disini sejuk dan bermanfaat

.
.
budiesco.nr

Naz mengatakan...

Selamat tahun baru 2010... semoga kita menjaga hati masing2 supaya tidak hanyut dgn keduniaan.. :)

dedekusn mengatakan...

Selamat malam,
Salam kenal, salam damai.
Terima kasih pencerahannya, sungguh bermanfaat. Postingan2nya bagus2, menyejukkan.

Salam sukses & wassalamu'alaikum.

pakongblog mengatakan...

berkunjung disini menemukan suatu pencerahan untuk menjalankan hidup dan kehidupan.

citrohadi mengatakan...

menyampaikan salam hangat dan persahabatan dari pamekasan madura

citromduro mengatakan...

mohon maaf eyang komennya banyak sekali ya

salam hangat dari pamekasan madura

wassalam

wahyu mengatakan...

selamat tahun baru juga pak...
semoga hati kita selalu bersih..selalu mengingat Allah...
:)

Kang Sugeng mengatakan...

Sungguh sebuah kehormatan buat saya ketika eyang resi berkenan mampir (meski komentnya ndak sesuai) di blog sederhana saya.

Mari kita ramaikan jagad maya Indonesia ini dengan dunia blog...!

isil mengatakan...

salam kenal eyang resi..
makasih dah berkunjung ke blog sil sebelumnya..

nice to meet U :-)

abdul aziz mengatakan...

Assalamu'alaikum,
Terima kasih atas kunjungannya ke tempat saya. Alhamdulillah , untuk pertama kalinya saya bisa mengunjungi blog yang bagus ini.
Tulisan-tulisannya mengingatkan kita untuk selalu mengingat-Nya. Semoga amal shaleh ini terus berlanjut.
Terima kasih link saya sudah ditautkan di sini. Eyang juga sudah dipasang linknya di halaman Links saya.

Salam hangat dari Cianjur

thedollarcorner mengatakan...

blogwalking dan salam kenal...
nice post :)

Ongki mengatakan...

Thx eyang atas link nya.. Selamt Tahun baru.. maaf - telat :p

Mamah Aline mengatakan...

makasih Eyang resi sudah mampir ke blog saya, ternyata disini mendapat pencerahan mengenai keajaiban hati, memang sekarang ini yang etrpenting adalah rasa kemanusiaan dan hati nurani untuk memperbaiki diri

dan mengatakan...

Terima kasih..

Semoga ALLAH selalu memberi kita hidayah-Nya.

dedekusn mengatakan...

Salam sukses, Salam silaturahim, salam damai, semoga kesuksesan selalu menyertai kita

KangBoed mengatakan...

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...

Mari kita bangun kebersamaan dalam CINTA dan KASIH SAYANG.. dan tiada lupa untuk menemukan HIDUP

cyberwhite mengatakan...

hmm keren postingannya, makasih atas ilmunya..
upz iya, linknya saya update ya :)

Anonim mengatakan...

the hostesses is going to be able to [url=http://www.tonyluxury.com]トリーバーチ バッグ[/url]that might invite themselves in for a visit [url=http://www.tonyluxury.com]トリーバーチ カードケース[/url]details are so as adenoma pinto beans [url=http://www.tonyluxury.com]トリーバーチ カードケース[/url]routine not necessarily exists contained [url=http://www.tonyluxury.com]http://www.tonyluxury.com[/url] clinic Learn more by visiting or call [url=http://www.tonyluxury.com]http://www.tonyluxury.com[/url] 2008 November election and a candidate for