Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Senin, 09 Agustus 2010

BAHAGIA DALAM SEDERHANA


Suatu hal yang paling harus disyukuri dalam hidup ini adalah ketika kita memiliki keluarga yang baik dan bahagia. Mereka tidak hanya membuat kita semakin baik dari hari ke hari, mereka senantiasa menyemangati ketika kita sedang patah semangat sehingga membuat hidup ini serasa lebih berarti.

Sungguh tidak terbayangkan apa jadinya jika hidup tanpa keluarga. Dengan adanya keluarga saat-saat senang, bila kita nikmati bersama sehingga kegembiraan itu berlipat ganda nilainya. Begitu pun pada saat-saat susah, kita saling berbagi, saling memberi semangat dan saling mendoakan sehingga beban hidup pun terasa kurang beratnya.

Ketulusan mencari nafkah untuk keluarga merupakan kunci dari kebahagiaan. Ketulusan memang lebih mudah diucapkan dan dituliskan daripada dipraktekkan, dikarenakan ketulusan berasal dari lubuk hati yang paling dalam. Ketulusan sesungguhnya kehendak untuk memberi tanpa berharap suatu balasan apa pun.

Bila kita senantiasa memberi dengan penuh ketulusan, cepat atau lambat akan menerima balasannya. Itulah hukum mutlak yang sulit dibantah. Tulus memberi segala sesuatu untuk keluarga merupakan nafkah yang sesungguhnya tidak terukur nilainya.

Pemberian yang dimaksudkan di sini tentu saja tidak hanya berupa materi. Kita bisa memberi waktu, perhatian, bahkan senyuman kepada orang-orang yang kita cintai.

Senyuman kita bisa jadi akan menjadi semacam lengkung kecil yang bisa meluruskan banyak hal. Senyuman itu seketika dapat mencairkan hunbungan yang beku. Lagi pula untuk tersenyum kita hanya memerlukan 14 otot dibandingkan untuk cemberut yang membutuhkan 72 otot.

Beratnya beban tanggungjawab untuk keluarga, sesungguhnya merupakan jihad terbesar dan ibadah paling mulia bagi para pencari nafkah. Janganlah bersedih ketika kita seakan-akan telah kehilangan waktu dan kebahagiaan untuk diri sendiri. Ikhlaskanlah semua kenyataan tersebut. Sesungguhnya memang demikianlah sunnatul Hayah (tradisi kehidupan). Beban ini niscaya akan berubah menjadi sedemikian manis selagi kita melakukannya dengan ikhlas dan tulus.

Bagi kita semua para sahabatku yang menjadi tulang punggung pencari nafkah dalam kluarga, hendaknya bersabar atas ketertiban yang dirasakan dalam berjuang melawan kesulitan-kesulitan mencari nafkah kehidupan. Bila kita merasa permasalahan sedemikin pelik dan seakan membuat frustasi maka lihatlah karunia yang diberikan Tuhan atas jihad kita itu. Insya Allah, kesabaran akan memenuhi seluruh relung-relung hati kita dan memusnahkan semua kesedihan yang kita hadapi.

Menghidupi keluarga dengan memberikan nafkah yang halal merupakan salah satu karunia keberkahan dalam rumah tangga. Dalam konteks ini, tentunya tidak hanya zat dari makan tersebut yang perlu diperhatikan kehalalannya, tetapi juga cara mencari nafkah itu sendiri. Bekerja dengan cara yang dihalalkan oleh Tuhan, berusaha dengan semampu mungkin untuk menghindari apa yang diharamkan oleh uhan dalam konteks memperoleh rezeki untuk menafkahi keluarga.

Ketika manusia mampu ngendalikan diri dari dosa, menaati semua perintah Tuhan, memegang teguh akidah, tabah dan tidak mengeluh atas setiap musibah yang menimpanya maka manusia tersebut telah mencapai tingkat hakikat kesabaran yang sebenarnya. Bahwa Tuhan tidak akan pernah tinggal diam dan selalu menjawab doa bagi setiap hambanya yang benar-benar yakin dan ikhlas menerima segala ketetapan dariNya.













Coppyright Eyangresi313 @2010

54 komentar:

akhmad fauzi mengatakan...

salam kenal, aja

Camajuyas mengatakan...

thanks eyang resi...sampun kerso mampir.....sapa balik dulu nih....

Anonim mengatakan...

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan memberi jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka

Salam ukhuwah bro..

Rian mengatakan...

Tua dan bahagia memang menjadi salah satu tujuan :)

Anonim mengatakan...

keluarga akan bahagia jika seluruh keluarga merasa bahagia dan saling membahagiakan dalam rumahnya.
kebahagiaan tidak bisa diukur oleh banyaknya materi.

Anonim mengatakan...

keluarga akan bahagia jika seluruh keluarga merasa bahagia dan saling membahagiakan dalam rumahnya.
kebahagiaan tidak bisa diukur oleh banyaknya materi.

Anonim mengatakan...

semoga Allah SWT selalu memberikan kebahagiaan hidup bagi saya dan keluarga...amin

rudi92 mengatakan...

indahnya jika kita bisa merasakannya..

Muhammad A Vip mengatakan...

Eyang Resi benar-benar memberi petuah luar biasa, sering-sering mampir biar saya ketularan.

Anonim mengatakan...

"mencari nafkah adalah jihad" jadi tambah semangat nih..

selamat menyambut ramadhan yang indah, mohon maaf lahir bathin

elmoudy mengatakan...

sederhana... bahagia.. dua kata yang saling bersanding... dan rasanya begitu damai kalau bisa menyatukannya.... smoga puasa nanti.. bisa mengarah ke sana.. menjadi sederhana dan bahagia amiiin

pakde sulas mengatakan...

terkadang pemberian yang mahal tetapi tidak tulus sering membawa bencana tetapi pemberian yang tidak seberapa justru membawa kebahagian yang luar biasa, misal kita bertemu anak, istri , bapak atau ibu dengan senyum yang tulus mereka akan sangat bahagia sampai dasar hatinya.

penghuni60 mengatakan...

Terkadang yg hidup sederhana itu yg lbh bs merasakan kebahagiaan.. dn byk org yg hidup kaya, tp tdk bahagia...

dillah mengatakan...

eyang emang bener

"sesungguhnya yang berlebih2an itu adalah sifatnya syaithan"

bahagia bukan krn harta, bahagia krn kesederhanaan itu sudah cukup..

(futunya gambar eyang2 :) )

pakde Cholik mengatakan...

Selamat malam sahabat tercinta
Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kwsehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp Group atas partisipasi anda pada acara tebak foto.. Silahkan cek di http://abdulcholik.com/2010/08/09/senyum-mbak-lily-suhana/

Salam hangat dari pakde Cholik Surabaya

Terima kasih

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>>> akhmad fauzi : Salam kenal juga sahabat.

>>>>> Camajuyas : sama-sama, sukses selalu ya !

>>>>> Anonim : Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, salam balik sahabatku dan sukses selalu.

>>>>> Rian : itu yang menjadi impian setiap insan yang berkeluarga. Sukses untuk sahabatku.

>>>>> rudi92 : Kebersamaan dalam kesederhanaan dlam suatu kebahagiaan, sangat selalu diimpikan oleh kita. Sukses untuk sahabatku. Terimakasih atas komentarnya.

>>>>> Muhammad A Vip : Eh.... setiap manusia pada dasarnya ingin selalu mendapatkan yang terbaik dari seorang sahabatnya. Hanya sebuah goresan tinta yang bermanfaat yang selalu dinanti untuk dinikmati. Salam untuk sahabat dan sukses ya !

>>>>> elemoudy : Terimasih sahabat. Untaian sederhana yang bermakna. Sukses selalu.

>>>>> pakde sulas : Penjabaran sederhana sekali dan bermakna. Terimakasih untuk sahabatku atas kunjungan dan komentarnya.

>>>>> penghuni60 : He.... semua itu tergantung dari individunya. Trims sahabat, sukses selalu.

>>>>> pakde Cholik : Terimakasih sahabat, semoga ide dan karya anda menjadi sebuah motor penggerak bagi sahabat-sahabat yang lain.

Brotoadmojo mengatakan...

kebahagiaan tidak bisa di ukur dengan materi, rasa syukur atas semua nikmat dan karunia-Nya akan lebih membahagiakan dalam kehidupan..

maturnuwun Eyang...

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>>> Brotoadmojo : Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.

munir ard mengatakan...

inilah mungkin yang susah untuk dijalani oleh sebagaian besar orang di dunia ini terimakasih eyang atas pencerahannya

TuSuda mengatakan...

Dalam kesederhanaan itulah letak dari kebahagiaan sejati.

Puskel mengatakan...

Dengan tampil sederhana dan hidup bersahaja, kita akan selalu mensyukuri nikmat dan Karunia-NYA>

yusami mengatakan...

betapa senangnya bisa selalu berbahagia hingga di hari tua.

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

selama ini aku kehilangan waktu liburan untuk kerja
demi sesuap nasi dan segenggam berlian hihihi :P

semar lagi nge rap mengatakan...

Weleh weleh blog sampeyan apik tenan
Realistis sekali

Salam kenal
Silahkan berkunjung ke blog sederhana saya

bundadontworry mengatakan...

kebahagiaan itu hanya kita yang mampu menciptakannya, tentunya dgn izin Allah swt ya Eyang.
dengan mensyukuri segala apa yg diberikan NYA, maka kebahagiaan akan mudah didapatkan.
salam

marsudiyanto mengatakan...

Semoga kita bisa dapatkan kebahagiaan itu meski dalam kesederhanaan...
Selamat menyongsong datangnya Ramadhan
Salam!

gaelby mengatakan...

Saya suka dialektika keluarga dan sosial yg secara santun dan simple diulas di postingan ini.
Salam takzim, salam sahabat :)

rosanakmami mengatakan...

ikhlas, itu yang utama
tapi emang susah sih.. heu...

selamat hari selasa..
semoga hari ini menyenangkan :D

selamat berpuasa ya
maaf kalau ada kata2 yang salah :)

Bahasa Pena mengatakan...

wah memang benar-benar artikel yang penuh makna...
saya sendiri masih muda, belum berkeluaraga Pak....
Jadi mungkin nanti jika Allah menghendaki saya akan memiliki keluarga juga, dan tentunya akan menjadi tulang punggung.....
Yang pasti saya ingin kelak jika saya berkeluarga anak istri saya bahagia.....Amin Ya...Allah...


Mohon maaf lahir dan batin ya Pak...
Selamat menunaikan ibadah puasa 1431 Hijriah...

Salam kenal....

idana mengatakan...

keluarga adalah harta yang paling berharga dalam hidup

Lina Marliana mengatakan...

Nice thread.. sangat inspiratif banget.. Thanks ya udah mampir ke blog saya.. met berpuasa.. :)

pelangi anak mengatakan...

Bicara mengenai 5K (Keluarga, Ketulusan, Kesabaran, Kebahagiaan dan Kesederhanaan) memang tidak akan pernah habis untuk dibahas keterkaitannya.

Laksamana Embun mengatakan...

SUngguh bagus postingan anda sobat, Bahagia dalam sederhana,

Slam kenal y

harto mengatakan...

semoga Allah SWT selalu memberikan kebahagiaan dunia akhirat kepada kita semua.... amiin

atanotonogoro mengatakan...

terima kasih eyang atas kunjungannya hihi. berkunjung balik. semoga berkah ya dibulan ini ☺

atanotonogoro mengatakan...

mau commentar tentang postingnya. saya juga suka hidup sederhana. ga perlu muluk-muluk asal cukup dan bahagia :p

kanvasmaya mengatakan...

berkunjung berkunjung..

libur komen dlu ya..

mo ngucapin met menunaikan ibadah puasa semoga menjadikan berkah buat semua.. mengucap maaf juga dari KaMay & Keluarga jika ada salah baik kata ato lainnya..

terima kasih
KaMay..
http://kanvasmaya.wordpress.com/

didien mengatakan...

saya suka dengan judul dan isi postingannya :D nice post sob

windflowers mengatakan...

justru kebahagiaan sejati, biasanya terletak pada kesederhanaan yang sederhana...sederhana bisa berarti ketulusan, kesabaran, dan kerendah hatian...:)

Jabon mengatakan...

jabonmampir nich.. abis keliling,, hehe

Jabon mengatakan...

kebahagiaan dihari tua,,
yang seperti apa yach??

elmoudy mengatakan...

bahagia dalam sederhana.. suka gw membaca kalimat itu.. terkesan sederhana.. dan sarat bahagia.. bahagia yang tanpa perlu susah payah.. bahagia yang hanya diperlukan satu syarat yaitu.. cinta.

Bali Villas mengatakan...

Kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan apapun,
kebahagiaan bukan sekedar kesenangan.
kebahagiaan adalah yang di impi-impikan setiap orang dalam menjalani hidup.
Bali Villas Bali Villa

pakde Cholik mengatakan...

Hidup sederhana sangat dianjurkan agar lebih nyaman dan tenang.

Btw, tali asih sudah sampai atau belum mas ?

Selamat menunaikan ibadah puasa.Maaf lahir dan batin

salam hangat dari Surabaya

readhermind-dy mengatakan...

melakukan sesuatu untuk orang2 yg kita sayangi, dgn ikhlas, bikin mereka bahagia kita juga bahagia.

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> munir ard : Terimakasih atas kunjungan dan penambahan komentar dari ahabatku.

>>>> TuSuda : Terimakasih shabat, dan hal tersebut menjadi dsarnya.

>>>> Puskel : Terimakasih atas kunjungan dan penambahan komentar dari sahabatku.

>>>> yusami : Hal tersebut yang selalu menjadi suatu impian setiap keluarga. Sukses untuk sahabatku.

>>>> Corat-coret (Ria Nugroho) : Selamat datang kembali dalam dunia maya untuk mempererat tali silaturrahmi, karyamu tetap dinantikan para sahabat maya ini.

>>>> semar lagi nge arp : Terimaksih atas kunjungannya dan selamat bergabung shabat.

>>>> bundadontwory : terimakasih atas kunjungan dan komentarnya untuk sahabatku, sukses selalu dan salama untuk keluarga.

>>>> marsudiyanto : terimakasih sahabat, semoga segala amal ibadah kita di bulan Ramadhan mendapat rahmat dan maghfirah dari Allah SWT, ami....n.

>>>>> gaelby : terimakasih atas kunjungan dan komentarnya untuk sahabtku, dan sukses selalu.

>>>>> rosanakmami : yeriamakasih atas kunjungan dan komentarnya untuk shabatku dan sukses selalu.

>>>> Bahasa pena : terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat dan dapat mengambil pembelajaran dari hal ini untuk kita semua.

>>>>> idiana : terimakasih atas kunjungan dan komentarnya untuk sahabatku dan sukses selalu ya !

>>>> Lina Marliana : Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bermanfaat untuk menjadi pembelajaran.

>>>>> pelangi anak : Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya untuk sahabat.

>>>>> Laksamana Embun : Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya semoga menjadi pembelajaran untuk kita semua.

>>>>> harto : Ami....n. Terimakasih atas kunjungan dan keikhlasan sahabat untuk mendoakan kita semua.

>>>>> atanotogegoro : Terimakasih atas kunjungan baliknya dan sukses selalu untuk sahabat.

>>>>> kanvasmaya : Sama-sama untuk sahabatku, dan terimakasih sudah bersedia untuk berkunjung dan memberikan koment silaturrahminya.

>>>>> didien : terimakasih atas kunjungannya dan komentnya.

>>>>> windflower : terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, sukses selalu untuk sahabatku.

>>>>> jabon terimakasih atas kunjungannya sahabat.

>>>> elmoudy : etrimaksih atas kunjungan dan komentarnya.

>>>>> Bali Villas : Benar sahabat, karena kebahagiaan tidak akan ada yang mampu menukar dengan sebesar uang apapun, Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya dan sukses selalu.

>>>>> pakde Cholic : Terimakasih sahabat, hadiah terindah dalam sepuluh hari pertama di bulan Ramadhan terwujud atas hasil ide dan kreatifitas dari sahabatku, dan semuanya sudah kami terima dengan selamat dan tepat sasaran. Maaf atas keterlambatan postingan ini, dikarenakan kesibukan saya dihari bulan Ramadhan ini. Salam untuk keluarga.

>>>>> readhermind-dy : Benar sekali sahabatku. Terimakasih atas kunjungan dan komentar dari sahabatku.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

yg pasti banyak senyum jadi awet muda. hehee

Bali Property mengatakan...

setiap orang merindukan yang satu ini. Namun kadang tak pernah ditemui. Sebab yang menentukan kita bahagia atau tidak terletak dalam hati kita. Kita berhak memutuskan untuk berbahagia atau tidak. Jadi bahagia itu tidak perlu dicari tetapi kita lah yang menentukannya.

Bali Wedding Bali Weddings

Regina mengatakan...

"Kunjungan balik :D

Terkadang kebahagiaan diukur dari apa yang belum kita peroleh. Hehehe

lena mengatakan...

artikelnya bagus mas

blog tutorial mengatakan...

barang siapa berdo.a niscaya AKU kabul-kan, itu prinsip saya

Ahmad Wahyudin mengatakan...

Info penting harap disebar luaskan. Solusi tepat membangun rumah untuk daerah yang rawan gempa bumi. Sudah terbukti saat gempa 5,6 SR mengguncang jogja ketika rumah-rumah tembok banyak yang hancur rumah jawa yang terbuat dari kayu model
RUMAH JOGLO,
RUMAH LIMASAN,
RUMAH KAMPUNG, tetap berdiri kokoh dan tidak mengalami kerusakan yang berarti. Jika anda berminat dengan rumah seperti yg tersebut diatas silahkan menghubungi kami di 08179442249.
Kami menjual dan membangun kembali rumah jawa knock down dari kayu jati lawas, melayani bongkar pasang dan paket pengiriman luar kota serta melayani paket pembangunan rumah jawa siap huni

maria mengatakan...

bahagia dan sederhana akan muncul bersamaan batin dalam diri manusianya semakin dekat, mumpuni dengan zikir yang tersembunyi memandangnya setiap saat mencuri ridhoNya

Nonton Film 720p mengatakan...

sederhana itu mahal #R.M padang

Nonton film
Nonton film gratis
Nonton film online
Nonton film box office
Nonton film HD
Nonton film Bluray
Nonton film free