Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Jumat, 23 Juli 2010

KEKUATAN CINTA


Banyak pasangan suami istri yang menyenangkan dan penuh perhatian kepada rekan kerja, sekretaris, dan bahkan orang asing, tapi sering ketus dan judes antara satu dengan yang lainnya, menganggap pasangannya sudah semestinya mereka miliki. Sulit sekali untuk mempercayai bahwa orang yang sudah menikah dan bertanggung jawab bisa efektif atau bahagia sepenuhnya tanpa hubungan yang serasi dengan teman hidupnya.

Keluarga merupakan landasan negara. Bisa ditunjukan dari sejarah bahwa tidak ada masyarakat yang pernah lestari setelah kehidupan keluarganya merosot. Cara kita melihat pasangan hidup kita, memperlakukan pasangan hidup kita dan rukun dengan teman hidup kita sangatlah penting. Hubungan ini lebih berkaitan dengan kebahagiaan dibandingkan dengan hubungan kita dengan orang lain.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, ada tiga kemungkinan alasan bagi kebanyakan kesulitan perkawinan untuk hidup langgeng atau dipertahankan.
1. Kebanyakan pasangan suami istri, setelah suatu jangka waktu tertentu menjadi terbiasa punya teman hidup di dekatnya. mereka mengandaikan segala-galanya beres dan bahwa teman hidupnya akan selalu bersama mereka. Jelas sekali mereka mengandaikan terlalu banyak, sebab empat di antara sepuluh perkawinan berakhir lainnya tanpa ada dalam nama saja.
2. Lingkungan tempat kita hidup mengumpani masalah. Banyak orang sesama kita yang menganggap sebagai hal yang berlebihan memperlihatkan cinta dan kasih sayang kepada teman hidupnya.
3. Moralitas yang berubah, yang mengakui cinta bebas, perkawinan percobaan, kawin kontrak, hubungan di luar pernikahan, pertukaran istri dan melepas teman hidup tanpa alasan selain kebosanan, menimbulkan rasa tidak aman dan ketidakpastian.

Karena cinta merupakan landasan kuat tempat perkawinan maupun yang baik dibangun. Setiap orang mempunyai gagasan tersendiri tentang apa sebenarnya cinta itu. Agama mengajarkan kita, "Cintailah Tuhanmu, dan cintailah sesamamu seperti kamu mencintai dirimu sendiri karena Tuhanmu."

Hal terpenting yang dapat dilakukan oleh seorang ayah untuk anak-anaknya adalah mencintai ibu mereka dan hal terpenting yang bisa dilakukan oleh seorang ibu untuk anak-anaknya adalah mencintai seorang ayah mereka. Dengan cara ini anak merasa ibu dan ayah akan bersama-sama memberikan rasa aman dan dia tidak akan menghadapi trauma harus memilih antara ibu atau ayah.

Ketika melihat cinta dan seks kerap kali disebut-sebut sekaligus, sehingga banyak orang yang berpikir bahwa keduanya bersinonim. Ini tidak benar. Cinta merupakan perasaan yang sama sekali tidak mementingkan diri sendiri yang kita miliki untuk orang lain. Nafsu sepenuhnya mementingkan diri sendiri. Manusia modern sekarang ini karena alasan komersial dan mementingkan diri sendiri, terus-menerus mengasosiasikan keduanya.

Walaupun ada pengakuan yang universal tentang pentingnya cinta, hanya sedikit sekali informasi mengenai persoalan bagaimana cara meningkatkan perkawinan sebagai hubungan pria dan wanita yang paling ideal. Cinta akan mati karena diabaikan, sama seperi bunga, pohon atau semak. Dan cinta disebutkan oleh tindakan dan pernyataan cinta. Cinta akan pudar atau hampa, kecuali bila setiap hari diberikan dengan penerapan perhatian, keterlibatan dan pernyataan cinta. Banyak pasangan menganggap bahwa mereka masing-masing merupakan perkawinan yang paling kejam.

Pasangan suami dan istri dalam suatu perkawinan, setelah mereka mencapai kebutuhan, mereka merasakan jatuh cinta lagi. Bila mereka secara moral orang yang bertanggung jawab dan ingin menyelamatkan perkawinannya, mereka mengalami proses berpacaran sebagai rasa tanggung jawab. Mereka menunjukan bahwa tanggung jawab menyatakan dan memperlihatkan cinta secara fisik secara harfiah akan membawa atau mengembalikan cinta ke dalam kehidupan mereka. Bila kita cukup sering memberi pupuk cinta kita, secara cukup kuat, dan cukup lama, aspek-aspek positif perkawinan kita akan tumbuh makin kuat, sementara aspek-aspek negatif semakin lemah. Cinta sejati merupakan proses pertumbuhan dan pengembangan yang melibatkan setiap emosi, masalah, suka cita dan kemenangan yang diketahui oleh manusia. Ini kerap kali lebih sulit daripada mudah, lebih menuntut daripada memberikan imbalan, lebih mengukung daripada membebaskan dan kerap kali melibatkan lebih banyak masalah dibandingkan dengan kesenangan.

Esensi dari kehidupan sebenarnya menuju pada pemenuhan cinta yang tulus yang keluar dari lubuk hati paling dalam. Terbingkai dalam niat dan tujuan hidup. Kehendak selalu menjadi bukti dari keistiqomahan manusia dalam memegang niat dan tujuannya. Niat sekaligus tujuan merupakan dan rupa yang menyatu dalam kehendak manusia. Karena sejatinya kehendak merupakan ruang lingkup yang mencakup segala yang terang dalam niat dan tujuan hidup manusia.




Coppyright Eyangresi313 @2010

23 komentar:

Itik Bali mengatakan...

Semoga kekuatan cinta itu akan selalu ada

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, semoga aku mempunyai kemampuan utk mempertahankan cinta bila aku menikah nanti.

bundadontworry mengatakan...

kehidupan cinta dlm perkawinan, adalah belajar dan terus belajar setiap hari, krn semuanya serba berbeda, hanya keluarga sakinah , mawaddah wa rohmah yg insyallah mampu bertahan hingga ajal memisahkan.
jadi ingat cinta mantan presiden BJ Habibi pada almarhumah istri tercinta Ibu Hainun.
salam

Pakde Cholik mengatakan...

cinta sungguh sangat diperlukan dalam sebuah pernikahan agar kita terus langgeng dalam situasi apapun.
tanpa cinta yang ikhlas pernikahan bisa hambar dan akhirnya cenderung untuk tidak lurus jalannya.

nikah juga harus diniatkan untuk ibadah agar diridhoi dan barokah.

salam hangat dari Surabaya

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>>> Itik Bali : Tanpa cinta hidup serasa hambar, trims atas kunjungannya. Sukses untuk sahabatku.

>>>>> Sang Cerpenis bercerita : Amin doaku bersamamu sahabatku, trims atas kunjngan dan komentarnya. Sukses untuk sahabatku.

>>>>> bundadontwory : 100 untuk bunda, trims atas kunjungan dan komentarnya. Sukses untuk sahabatku.

>>>>> PadkdeCholik : Pernikahan tanpa cinta, maka rumah tangga akan menjadi hambar dan berdampak untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, trims atas kunjungan dan komentarnya. Sukses untuk sahabtku.

Mood mengatakan...

"Cintailah Tuhanmu, dan cintailah sesamamu seperti kamu mencintai dirimu sendiri karena Tuhanmu"
Saya akan selalu mencoba hal itu dalam hidup saya.
Thank ya dah mampir diblog saya. Salam. .

agnes Sekar mengatakan...

Selamat pagi Eyang, setuju sekali tulisan diatas bagaimanapun, apapun kita harus menumbuhkan cinta bagi pasangan kita masing-masing. Jika sudah pudar atau rasanya biasa-biasa saja perlu dicari solusinya diantaranya seperti yang eyang tulis, tapi satu hal Eyang yang perlu kita garis bawahi kita harus mencintai dengan tulus dan sepenuh hati sehingga akan terjalin cinta yang sejati dan murni, dibuktikan selalu stia baik dalam suka maupun duka, Bukan begitu Eyang ?

Ifan Jayadi mengatakan...

Kekuatan cinta akan selalu ada apabila dilandasi dengan keiklasan untuk menerima kekurangan dan kelebihan pasangan masing2

dreesc mengatakan...

jadi inget lagu celine dion.... the power of love...

Agung Pushandaka mengatakan...

Wah, boleh nih sebagai pegangan setelah saya menikah nanti. :)

Ceritaeka mengatakan...

Suka pada part dimana dikatakan cintailah Tuhanmu maka cinta kita pada pasangan dan keluarga akna melipah juga..
Ya.. mari kembali pada Sang Pemberi cinta itu sendiri dan yang lainnya akan ditambahkan :)

salam,
Eka

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>>> Mood : terimakasih kunjungan balik dan komentarnya semoga mendapat manfaat dari kunjungan ini.


>>>>> agnes Sekar : Benar sekali pendapat sahabatku, trims atas kunjungan dan komentarnya, sukses ya !

>>>>> Ifan Jayadi : Terimaksasih atas penambahan komentarnya, sangat bgus sekali. Sukses untuk sahabatku.

>>>>> dressc : Hanya kemiripan pada judul saja, trims atas kunjungannya dan sukses selalu.


>>>>> Agung Pushandaka : semoga menjadi salah satu hadiah terindah dalam pegangan hidup untuk sahabatku


>>>>>> Ceritaeka : terimakasih untuk sahabatku dan sukses ya !

Yohan Wiubisono mengatakan...

"Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> Yonan Wiubisono : terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, sukses untuk sahabatku.

kang ian mengatakan...

tulisannya berat..karena saya blom merasakannya :D
makasih eyang atas tulisannya..semoga nanti rumah tangga saya baik2 selalu amiin

Anonim mengatakan...

I would like to exchange links with your site eyangresi313.blogspot.com
Is this possible?

Lady Fem mengatakan...

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

HambaALLAH mengatakan...

Persiapan menentukan jodoh yang abadi.Menilai persiapan di alam kubur. Soalan malaikat, siapa Tuhanmu?

Medicine Of Herbal mengatakan...

kadang kekuatan cinta itu yg menghancurkan kehidupan orng banyak

Nature-Pills mengatakan...

ada yg pernah konto film kera sakti nga???

seperti kaa chu pat kay:
semua gara2 cinta..ahahaha

mainelyequal mengatakan...

cinta itu bentuk lain dari kasih sayang...
naiz post..

jaka mengatakan...

terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

tejo mengatakan...

makasih gan infonya dan salam sukses