Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Selasa, 20 Juli 2010

KODRAT MANUSIA


Ujian dan cobaan merupakan kodrat manusia sebagai makhluk yang berproses menuju puncak perbaikan diri. Oleh karenanya ujian dan cobaan menjadi suatu keharusan buat manusia, terutama bagi orang yang terlalu lemah dalam menguasai jiwa dan pikirannya sendiri sehingga ia suka menempatkan dirinya di atas segalanya.

ujian dan cobaan selalu muncul dari persoalan yang dapat dirasionalkan. jika di dunia ini tidak ada mekanisme ujian dan cobaan, maka hidup akan selalu terlihat monoton, dan seluruh manusia menjadi sederajat; tidak akan ada rasa cinta dan kasih; semua kelabu dan tidak tercerahkan.

Dapat dibayangkan oleh kita, bagaimana seandainya tidak ada mekanisme ujian dan cobaan dalam hidup ini, betapa semua manusia akan terleha-leha dengan kehidupannya, dikarenakan setiap keinginannya akan selalu terkabul tanpa ada usaha serta beserta batu karang yang di hadapan ikhtiarnya tersebut. konsekuensi dari hal ini dapat menjadikan manusia yang sombong.

Kesuksesan manusia dipersentasikan dengan bala cobaan agar manusia tidak mengaku-aku dan juga tidak sombong. Mungkin diri kita tidaklah dapat dipanggil manusia jika tidak bisa menghadapi segala apa yang menghadang jalan hidup kita. Termasuk keluasan jiwa seseorang, jika kita dapat bersabar dalam menghadapi segala cobaan dan rintangan yang menghadang, dan menjadikan hal tersebut sebagai jalan hidup yang pantas untuk dijalani.

Kehidupan dunia tentang segala kebaikan dan keburukan pada hakikatnya merupakan ujian dan cobaan semata-mata bagi manusia. manusia diberi keleluasaan dan jalan untuk memilih keduanya. Kadangkala manusia merasa sangat bahagia dengan kesuksessan yang telah ia renggut. Demikian juga dengan kesuksesan yang telah ia renggut. Demikian juga merasa sedih terhadap perjalanan dan perolehan keduanya itu adalah ujian dan cobaan yang di diperlihatkan.

Dalam memandang kebaikan dan keburukan, seringkali manusia lupa pada hakikat pencapaian hidup, menjadikan keduanya sebagai piranti menuju pada kelegawaannya kelak di akhirat. mereka hanya merassa bahwa hidup ini terbatas pada kebahagiaan dunia saja, sedang keburukan nasib merupakan suatu yang sangat bertolak belakang dengan hampanya untuk tetap hidup. Demikian juga hasratnya untuk menuju pada kehidupan akhirat yang hakiki, tidak pernah ia hiraukan, apalagi ia jadikan suatu komitmen yang dikuatkan.

Untuk para sahabatku semua yang sedang dilanda ujian dan cobaan dalam hidup, yakinlah bahwa kita pasti dapat menghadapi dan melalui ini semua sebagai kodrat manusia yang memang seharusnya kita lalui, walaupun berat namun kita tidak sendiri, karena doa kita selalu menyertai dirimu. Lanjutkan kaya dan ukir prstsi dalam kehidupan, dan genggamlah impian bahwasanya badai itu pasti kan berlalu.

Sukma menjelma sebagai hamba, hamba menjelma pada sukma, nafas sirna menuju ketiadaan, badan kembali sebagai tahah

6 komentar:

julianusginting mengatakan...

ujian dan cobaan penting untuk manusia supaya tahan uji dan bener2 menyerahkan hidupnya kepada Sang Pencipta

agnes Sekar mengatakan...

Selamat siang Eyang, hidup hanya sekali ini hendaknya kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk berarti, punya arti yang setinggi-tingginya. Akan sia-sia sekali jika kita mati tetapi kematian itu meninggalkan kesia-siaan belaka karena kita tidak pernah memberi manfaat kepada orang lain. Hidup dengan masalah yang menyertainya serta satu paket dg jalan keluarnya kita jalani dan nikmati, biarlah hidup dalam ridhonya ALLAH serta menjadi barokah kepada orang lain, Trims ya ?

Regards, agnes sekar

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> julianusginting : Terimakasih atas kunjungan dan penambahan komentar yang baik. Sukses untuk sahabatku.

>>>>> agnes Sekar : Selamat siang sahabatku, komentar anda sangatlah berarti dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.

kolomkirinews mengatakan...

dalam pemikiran kita cobaan hanya pada satu sisi sedang sisi lainya adalah anugerah
padahal kedunaya adalah cobaan
bagaimana si miskin menganggap kelaparan dan kehausan adalah penderitaan (bagian dari cobaan) dan berpandangan harta melimpah adalah anugerah......

banyak orang bisa bertahan dan bahagia dengan kemiskinanya
tidak sedikit orang terjerumus karena kepemilikan harta yang melimpah

keduanya adalah cobaan untuk tetap dan selalu bersyukur

defchania mengatakan...

terima kasih kunjunganny kunjungan balik neh.
badai pasti brlalu hehe...
selamat brakhir pekan y sahabat

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hmm..harus tawakal dlm menghadapi cobaan.