Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Jumat, 18 Juni 2010

HAKIKAT CINTA SEJATI


"Cinta itu buta"' demikian yang sering kita dengar dari celotehan kawula muda yang sedang mengalami jatuh cinta. Benarkah demikian ? Karena cinta lalu menjadi cinta. Cinta menjadi suatu hal; yang dicari.

Ada misteri apakah di dalam cinta sehingga orang gandrung untuk menemukannya. Apakah karena harga cinta lebih mahal dari mutiara, sehingga banyak orang berkorban untuk mencarinya. Apakah itu memakanan yang tidak mengenyangkan yang pesona cita rasanya membuat kita ketagihan.

Mungkinkah sederetan pertanyaan yang tidak pernah ditemukan jawabannya itu dikatakan "buta", atau cinta buta itu seperti yang dikatakan oleh Imam Syafi'i dalam buku Diwanu Asy-Syafi'i, "Mata bila sudah berbalut cinta, kejelekan pun menjadi sirna," dan "mata bila telah berselimut benci, kejelekan akan tampak di semua sisi."

Inikah cinta ? Yang tidak memandang jelek dan buruk, kaya dan miskin. Rasanya bukan ini yang diasumsikan oleh kawula muda, sebab mereka juga bilang, "cinta itu indah". Jalan buntu lagi yang kita temui.

Apanya yang buta dalam kalimat, "Cinta itu buta" ? Apakah matanya atau cintanya, atau mungkin kedua-duanya ? Bila benar kedua-duanya, maka tidak heran bila kemudian mengemukaan istilah "cinta buta". Sebagai akibat dari pelegalitasan kawula muda untuk berbuat "ini" dan "itu. Cinta buta, bagaikan sebuah harus yang berlabel halal.

Jika demikian kenyataan dan kejadiannya, bukankah faktanya menjadi terbalik, sesuatu yang haram menjadi halal (boleh), pembolehan yang dibuat sendiri. Sedangkan hal yang baru akan benar-benar dibolehkan adalah, "Idza ma dalla daliluhu" bila telah ada dalil atau yang menyatakannya, yaitu suimber hukum, baik yang merupakan ketentuan Allah SWT atau yang disepakati bersama sebagai hukum pembolehan (legalitas).

Berkaitan dengan kata halal (legalitas) untuk berbuat ini dan itu yang dipahami dari salah pengertian atau justifikasi "cinta buta", baru benar halal oleh pandangan siapapun bila kawula muda telah dapat meramu hakikat dan syari'ah bukan sekedar cinta semata lalu menjadi halal.

Hakikat dalam hal ini adalah kenyataan cinta antara dua orang lelaki dan perempuan yang akan dibahas artinya lebih lanjut kemudian. Syari'at adalah akreditasi agama Islam tentang jalinan cinta yang disahkan dalam pernikahan di hadapan penghulu dan keluarga.

Dengan demikian, istilah "cinta buta" bukanlah seperti yang selama ini dipraktikkan remaja-remaja saat ini. Istilah cinta buta itu timbul sebenarnya karena "cinta" pada hakikatnya adalah "sesuatu yang suci dan abadi". Karena ketinggian nilai kesucian dan keabadiannya sering kali orang tidak dapat meraihnya, sekalipun dicari oleh dua insan yang berbeda. Hal tersebut memang mustahil, sebab kesucian yang tinggi hanyalah milik Allah. Begitu pula dengan keabadian, hanyalah Dialah Allah yang kekal selamanya.

Jika saja hakikat cinta itu telah benar-benar di dapat oleh manusia, dengan sendirinya ia tidak lagi butuh bercinta. Cinta abadi hanyalah Khazanah Allah yang tak pernah putus dan sirna. apa lagi hilang. Jika sekali waktu kita rasakan keberadaannya dan kita artikan cinta, itu adalah bagian dari percikan cahaya-Nya. Sebenarnya karena kebutaan kita untuk mengetahui cinta dan juga karena keagungan dan kesucian cinta yang teramat tinggi sehingga manusia tidak mampu menggapainya.










Copyright Eyangresi313 @2010

31 komentar:

BlogCamp mengatakan...

Walau cinta itu misteri namun kita harus meletakkan cinta kita ditempat yang aling utama yaitu cinta kepada Allah dan menyintai yang lain karena Allah.

Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
1. ” Ungkapkan Opini Anda”
2. ”The Amazing Picture ”, dan
3. ” The Twin Contest”
dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

Annaura mengatakan...

Assalamu ‘alaikum wr.wb, Kak.
Saya datang sebagai blogger newbie yang ingin berkenalan, silaturahmi dan menyerap ilmu dari para senior. Semoga kunjungan saya bermanfaat.
Blog kakak bagus sekali-saya ingin belajar disini boleh ya kak.

Kak, mohon berkenan berkunjung ke blog saya, mohon diberikan saran2 atau nasihat agar blog tersebut bagus dan terkenal seperti blog ini. Saya tunggu kakak di Panti Asuhan, kalau datang akan saya sambut dengan lagu rebana deh.

Salam hormat saya dari Batam.

Wassalamu alaikum wr.wb

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

cinta sejati kemanakah harus dicari?

agnes Sekar mengatakan...

Selamat sore Eyang, setuju bahwa hidup ini perlu cinta, merupakan kebutuhan manusia yang amat perlu mencintai dan dicintai, hal tsb berdampak akan kehidupan dan lingkungan . Terima kasih Eyang sudah memberikan pencerahan untuk kita semua, trims.

Regards, agnes sekar

agnes Sekar mengatakan...

Selamat siang Eyang memang dalam hidup ini cinta merupakan hal sangat kita butuhkan, manusia perlu dicintai dan mencintai, manusia perlu hidup dengan rasa cinta dan mengaplikasikannya dlm kehidupannya, trims ya ?

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>> blogcamp : trims atas penambahan komentarnya yang bagus.

>>> Annaura : trims atas kunjungannya, kamu juga pasti bisa.

>>> Sang cerpenis bercerita : Cinta sejati tidak akan mengenal ruang gerak dan waktu. Cinta abadi hanyalah khazanah Allah yang tak pernah putus dan sirna.Jika sekali waktu kita rasakan keberadaannya dan kita artikan cinta,
itu adalah bagian dari percikan cahaya-Nya. Sebenarnya karena kebuta...an
kita untuk mengetahui cinta dan juga karena keagungan dan kesucian
cinta yang teramat tinggi sehingga manusia tidak mampu menggapainya.

HASTu W mengatakan...

eyang resi, setuju bahwa hakikat cinta yang suci dan abadi itu seharusnya milik Allah SWT adalah cita2 prioritas pertama dan utamanya.
Emang seringnya manusia keblinger shg cinta ke selain Allah mengalahkan prioritas kepada Allah SWT, maka jadinya cinta buta itu yang bisa2 berakibat H2O alias Halal or Haram Ok..
Eh gitu ga sih yang?

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> Hastuw : Trims atas penambahan komentar serta kunjungannya gan !

Alwi mengatakan...

Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang,
dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa
Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah
memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya.
Itulah namanya Cinta benar gak yaaaa

Alwi mengatakan...

Cinta mengarahkan manusia pada Allah, dan karena cinta pula Allah mempertemukan diri-Nya kepada manusia. Lantaran itu cinta sesungguhnya adalah cinta atas nama Allah dan cinta kepada Allah itu sendiri, karena segala sesuatu adalah pantulan dan imanensi dari Sang Mahacinta. Cinta kepada yang lain selain Allah, tetapi atas nama dan di dasarkan pada Allah akan membawa manusia dan alam semesta kepada persekutuan dengan Allah.

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> Alwi : Trims atas kunjungan dan penambahan komentar yang menarik.

Quinie mengatakan...

wew... rada2 gag ngerti nih ama tulisan eyang.
kalo menurut saya, cinta seharusnya menjadi hal yang sederhana.

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>> Quinie : Cinta itu memang sederhana, tapi dapat menghanyutkan jiwa manusia. Karena cinta tidak mengenal batas ruang dan waktu serta tidak mengenal kata berakhir dengan suatu peristiwa.

si Paijah mengatakan...

cinta itu tulus, tidak mengikat malah melepas iya nggak eyang ?

Rubiyanto mengatakan...

dalam perjalanan hidup ini, kadang saya masih begitu ragu akan adanya cinya yang sejati ....,

Lelaki Ini mengatakan...

besh2!!!

haranreymond mengatakan...

kunjungan pertama nih!!
thankx, ya dah mau berkunjung!!

Zan Insurgent mengatakan...

berkunjung untuk mendengarkan wejangan eyang...datanglah ke pondok ane eyang tuk sekedar memberi nasehat sepatah dua patah kata ^__^

catatan kecilku mengatakan...

Memahami cinta sejati tak semudah yg aku bayangkan...
Cinta yang tumbuh di dalam hati, kian sulit utk terselami.. :D

BTW, terima kasih ya sudah mampir ke tempatku... :D

the others.. mengatakan...

Pengungkapan cinta yang menarik.. Apalagi saat ini sedang marak perbuatan2 yang diatasnamakan cinta, padahal sebenarnya hanyalah wujud dari nafsu belaka.

TuSuda mengatakan...

Iya, kesungguhan cintalah yang akan menentukan kesejatiannya bagi kebersamaan dalam kehidupan ini.

Puskel mengatakan...

Apapun keadaaan cinta yang dirasakan semua harus diserahkan kepada Yang Maha Kuasa, sebagai penentu-NYA.
Terimakasih sudah mencerahkan...

joe mengatakan...

Hm, begitulah cinta... terkadang indah terkadang menyedihkan ...

nanaharmanto mengatakan...

Banyak teori dan filsafat tentang cinta, juga banyak roman yang mengagung-agungkan cinta lengkap dengan segala indah dan perihnya.

Banyak orang mengejar dan mendambakan cinta, meskipun cinta itu sendiri tidak pernah terlihat oleh mata. Yang pernah kita lihat adalah gejalanya saja..

salam hangat, Eyang...

CT FATIHAH mengatakan...

bagi saya cinta itu bukan segala2nya, namun ada banyak jenis cinta dan itu bergantung pada seseorang untuk jadikan ia cinta yg bagaimana.. namun kita sebagai umatNya, cinta kepadaNya adalah lebih utama :-)

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>> si pajjah : benar itu. Trims atas kunjungannya.

>>> Rubbiyanto : cinta sejati itu hanya dapat di rasakan dan di nikmati dengan hati dan pikiran yang jernih serta keikhlasan dalam hati.

>>> Lelaki ini : trims atas komentar dan kunjungannya.

>>> haranreymond : thanks atas kunjungan baliknya.

>>> Zan Insurgent : I'm coming.

>>>> Catatan kecilku : Trims atas kunjungan baliknya.

>>> the orthers : benar gan !

>>> TuSuda : trims atsa komentar dan kunjungannya.

>>> Puskel : Trims atas komentar dan kunjungannya.

>>> joe : trims komentar dan kunjungannya.

>>> nanaharmanto : trims atas komentar dan kunjungannya.

PakOsu mengatakan...

Assalamu ‘alaikum wr.wb,
Saya datang sebagai newbie yang ingin berkenalan, dan silaturahmi. Salam sukses.

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>> PakOsu : Trims atas kunjungannya.

Andre mengatakan...

ulasan tentang cinta yang sangat menari gan

Download Film Box Office mengatakan...

begitulah cinta deritanya tiada akhir

Nonton film subtitle indonesia
Nonton film subtitle english
Nonton film engsub
Nonton film 720p

SiBuyuang Sutan Mudo mengatakan...


cinta adalah hal yang tabu layak untuk diperbincangkan