Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Rabu, 23 Juni 2010

KEPRIBADIAN MANUSIA HAKIKI


Manusia sebenarnya dianugerahi sifat "qiyamun bi nafsihi", namun hanya bagi mereka yang sudah menjadi insan kamil, manusia sempurna atau manusia hakiki yang mampu hidup dengan kehendaknya sendiri.

Seorang anak begitu dilahirkan langsung menyandang hak. Meskipun sebagai bayi ia belum bisa apa-apa, tetapi hak hidup bayi itu harus dipenuhi oleh kedua orangtuanya. Jika hak itu dipenuhi maka si bayi akan bisa melanjutkan hidupnya. Si bayi berhak mendapatkan perawatan yang memadai dan begitu pula ia berhak memperoleh pendidikan untuk bekal hidupnya di kemudian hari.

Setelah bayi tersebut tumbuh secara dewasa dan bebas dari hak pengasuhan orang tuanya, maka giliran pemerintah yang memberikan perlindungan terhadap hak orang tersebut. Sebagai warga suatu negara, ia berhak memperoleh pekerjaan yang layak, mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dan keamanan dirinya. Barulah yang bersangkutan menunaikan kewajiban sebagai warga negara seperti itu dalam bela negara, turut membangun ketahanan nasional, dan membayar pajak agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

Manusia hakiki juga harus dapat hidup mandiri. Orang yang hidupnya mandiri tidak tergantung pada orang lain, baik tergantung pada individu lain maupun lembaga. Ia benar-benar mandiri. Dalam masyarakat yang mandiri, bukanlah seseorang tergantung pada orang lain atau lembaga, melainkan yang tercipta dalam hidup ini adalah mekanisme atau interaksi bagian-bagian dngan bagian-bagian lainnya dalam suatu keseluruhan sehingga bergerak ke suatu tujuan.

Bukankah dalam kitab suci Al_Qur'an disebutkan bahwa manusia itu dimuliakan oleh Allah SWT di atas sebagian besar makhluk-Nya ?

Bila hak dan kemandirian sudah dipenuhi, maka setiap orang akan memaujudkan kebutuhan berdasarkan kodratnya, yang merupakan potensi kebutuhan. Tentu saja, yang terkandung di dalam kodrat itu mencakup potensi pasif dan aktif. Potensi pasif merupakan kemampuan untuk menerima sebuah aksi. Juga tergolong dalam potensi pasif adalah kemampuan ciptaan untuk dipengaruhi oleh kegiatan Allah SWT sehingga ia bisa berbuat yang seolah-olah melampaui batas-batas kodratnya.

Potensi aktif merupakan kemampuan atau kecendrungan bawaan dari suatu hal untuk menjadi atau untuk menjalankan sesuatu yang spesifik menurut hakikatnya. Jadi, potensi ini merupakan kemampuan atau daya untuk menghasilkan aksi. Sering kali aksi ini merupakan suatu produk, seperti anak atau rumah. Potensi aktif telah memuat di dalam suatu aksi tertentu.

Seseorang yang tdak bisa mewujudkan potensi yang dia miliki mungkin karena ada hambatan dan halangan dari pihak lain. Berarti orang tersebut belum bisa dikatagorikan sebagai manusia hakiki.

Manusia hakiki harus dapat mengaktualisasikan hak, kemandirian, dan kodratnya dalam kehidupan ini. Hal ini harus menjadi landasan masyarakat modern untuk mewujudkan kesejahteraan hidup bersama dan penuh kedamaian.

Allah SWT telah memberikan potensi kepada manusia . Bahkan setiap jiwa telah diberi jalan ketakwaan dan keburukan. Tinggal manusianya, ia memilih untuk membersihkan dirinya atau malah mengotorinya. Tentu beruntunglah orang yang yang membersihkan dirinya dengan selalu berdzikir kepada Allah SWT.

Bahwa Tuhan tidak akan pernah tinggal diam dan selalu menjawab doa bagi setiap hambanya yang benar-benar yakin dan ikhlas menerima segala ketetapan dariNya. Karena SUKSES lahir bukan krena kebetulan atau keberuntungan semata. Sukses terwujud karena di ikhtiarkan melalui perencanaan yang matang; keyakinan doa; kerja keras; keuletan;
niat baik dan yang lebih utama pantang menyerah.


Hidup tanpa sukma sebenarnya merujuk pada paham kesatuan hamba dan Tuhannya. Bahwa manusia yang merdeka itu bukanlah manusia yang mengeluh, tapi manusia yang sanggup berdiri sendiri sesuai dengan kehendaknya. Manusia merdeka pantang mengeluh sehingga suka dan duka pun tiada terasakan. Semangat hidup merdeka iotulah yang memusnahkan rasa takut dan lelah. Jadi, manusia unggul harus sanggup menjadi manusia merdeka.

Manusia unggul merupakan manusia yang sanggup bangkit dengan dzat pribadinya sendiri. Manusia unggul insan kamil atau manusia sempurna byang bertanggung jawab penuh terhadap apa yang dilakukannya. Tetaplah fokus apa yang menjadi arah tujuan hidup kita dunia dan akhirat dan janganlah mengkhianati doa kita sendiri.














Copyright Eyangresi313 @2010

28 komentar:

elok langita mengatakan...

mkashy iah eyang buat petuah, elok sadar kalau

SUKSES lahir bukan krena kebetulan atau keberuntungan semata. Sukses terwujud karena di ikhtiarkan melalui perencanaan yang matang; keyakinan doa; kerja keras; keuletan;
niat baik dan yang lebih utama pantang menyerah.

mkashy bnyak iah eyang ^______^

mkashy buat kunjungan dan komentarnyaaa... mkashy juga buat postingan inspiratif ini..

have a nice day. :D

yangputri mengatakan...

makasih eyang.... mampir kesini dapat pencerahan yang mengena dihati ku....

nova mengatakan...

sangat inspiratif
nice post
:D

Cloud mengatakan...

wah berat banget postingannya haha.. makasih eyang.. banyak pesan di postingannya

ralarash mengatakan...

semoga kau bisa jadi orang yang lebih baik setelah membaca ini..
amin...

Oh iya..
Mau punya hosting dengan Disk space 1 GB dengan Unlimited Bandwith + Domain.COM ??
langsung aja ikutan ”Spread Ask Ralarash Contest”

NoRLaNd mengatakan...

Sukses membutuhkan pengorbanan, karena sukses tidak datang sendiri.
Beberapa orang yang tidak sukses adalah mereka yang lelah berusaha atau tidak mau berusaha, atau bahkan tidak sanggup berusaha =)

Aulawi Ahmad mengatakan...

dalem dan kena banget..tq dah berbagi :)

inge / cyber dreamer mengatakan...

thx 4 share...
inspiratif dan sarat dengan perenungan ^^

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> elok langita : trims atas kunjungan dan komentarnya serta sukses untuk anda.

>>>> yangputri : trims kembali & sukses untuk anda.

>>>> nova : sama-sama, sukses untuk anda.

>>>> cloud : sama-sama, sukses untuk anda.

>>> ralarash : trims atas informasinya

>>>> Norland : trims atas kunjungan dan komentarnya, sukses untuk anda.

>>>> Aulawi Ahmad : terims atas kunjungannya, semoga bermanfaat & sukses untuk anda.

>>>> inge / cyber dreamer: trims atas kunjungannya sukses untuk anda

senja mengatakan...

selamat malam....makasih sudah mampir ke rumah virtual ku pak :)

tulisannya sangat inspiratif,makasih untuk pencerahan dan sharenya ^^

salam kenal eyang resi :)

aaSlamDunk mengatakan...

salam kenal hehe
followback

Herry Ir. mengatakan...

Mantapp...semoga yg mmbacanya mendapat manfaat...
Salam Kenal

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

Makasih eyang pencerahannya

insyaAllah aku akan selalu berusaha tujuan hidupku hanya kepada-Nya

nisa mengatakan...

baiklah... bismillah... ayo berjuang!! :)

julianusginting mengatakan...

bener2 postingan yg menggugah...penuh dengan petuah dan tentunya sangat sarat akan pencerahan duniawi

julie mengatakan...

terima kasih atas petuahnya eyang :)

bagindaku mengatakan...

wassalam...salam kenal dan persahabatan buat Eyang Resi.
waduh isi blog nya sungguh mantap Eyang. link nya baginda pasang ya.... ditungguin silaturahmi nya ya.. ?
wassalam

castello mengatakan...

nice post

joe mengatakan...

hm, mikir dulu... berat banget he he...

iyem mengatakan...

semoga iyem bisa....
semangat...

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> Senja : salam kenal kembali sahabatku, sukses ya !

>>>> yangputri : makasih atas kunjungannya.

>>>> aaSlumdunk : salam kenal kembali semoga sukses untuk sahabatku.

>>>> Hery Ir : Salam kenal kembali sahabat, sukses ya !

>>>> corat-coret[Ria Nugroho ] : trims atas kunjngannya, sukses ya !

>>>> nisa : kamu pasti bisa sahabat, sukses untuk kamu juga !

>>>> julianusginting : Trims atas kunjungan dan komentarnya, sukses untuk sahabatku !

>>>> julie : Trims kenmbali aras kunjungannya, sukses untuk sahabatku

>>>> castello : trims atas kunjungannya, sukses ya !

>>>> iyem : kamu pasti bisa shabat, sukses ya !

catatan kecilku mengatakan...

Eyang, tulisannya sarat dg petuah.
Terima kasih sudah mengingatkan.
Terima kasih juga sudah mampir ke tempatku.

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> catatan kecilku : trims atas kunjunga dan komentarnya, sukses untuk sahabatku.

rosanakmami mengatakan...

yap, kita udah dikasih bekalnya sama Tuhan, tinggal gimana pilihan kita akan dimanfaatkan dengan baik atau tidak.
sukses itu pilihan.

met pagi, eyang.. :)

bagus al haqq mengatakan...

"Manusia unggul merupakan manusia yang sanggup bangkit dengan dzat pribadinya sendiri"

mantab!

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

maaf baru mampir. baru pulang kemarin soalnya.

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>>> rosanakmami : trims atas kunjungan dan komentarnya. Sukses untuk sahabatku !

>>>> bagus al haqq : trims atas kunjungan dan komentarnya, sukses untuk sahabatku !

>>>>> sang cerpenis bercerita ; selamat kembali ke tanah air sahabatku

Anonim mengatakan...

http://www.maps.google.com/ - [url=http://www.wikipedia.org/]wiki[/url]
mail