Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Kamis, 17 Juni 2010

DAUN DEWA


Cordyline fruticosa (Linn.) A. Cheval




Perdu tegak jarang bercabang, kecuali bila dipangkas. Tinggi sampai dengan 4 m dan termasuk suku bawang-bawangan. Tanaman ini bias dipelihara sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Juga sering di tanam dikuburan dan sebagai pembatas perkebunan karena warnanya yang menyolok.

Batang bekas daun rontok berbentuk cicin, daun tunggal, ada yang berwarna merah kecoklatan dan ada yang berwarna hijau. Helaian daun panjang berbentuk lanset, panjang 30 -50 cm, lebar 5 – 10 cm, ujung dan pangkalnya runcing. Letak daun tersebar pada batang dan letaknya berjejal denga susunan spiral dan tankainya berbentuk talang.

Bunga bentuk malai keluar dari ketiak daun, panjang sekitar 30 cm berwarna dadu atau hijau ungu, ada juga kurang muda. Buahnya buah buni, bentuknya seperti bola, merah mengkilat. Tanaman ini berasal dari Asia Timur dan terdapat di daratan rendah sampai 1.900 m diatas permukaan laut. Daun muda yang berwarna hijau biasa dimakan sebagai syuran dan bila menanak nasi dengan bungkusan daun yang tua memberikan rasa yang sedap. Perbanyakan dengan stek atau pemisahan tunas.

KLASIFIKASI
Daun Dewa disebut Cordyline fruticosa (Linn) A. Cheval atau Cordyline terminalis (L) Kunth termasuk ke dalam famili tumbuhan Liliaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Andong, Hanjuang atau Bak mang.

SIFAT KIMIAWI
Kandungan tanaman ini belum banyak diketahui, sehingga kegunaan tanaman ini diketahui berdasarkan pengalaman turun-temurun dan berdasarkan pengalaman secara empiris.

EFEK FARMAKOLOGIS
Tanaman ini bersifat : menyejukan darah, menghentikan pendarahan, menghilangkan bengkak karena memar (anti swelling). Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa manis ambar, sejuk.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Efekfarmakologi ini diperoleh dari penggunaan seluruh tanaman yaitu bunga, daun dan akar.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANNYA
Berdasarkan berbagai literature yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai Negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sbb :
1. TBC paru dengan batuk darah. Daun kering 15 – 30 grm, atau bunga kering 9 – 15 grm atau akar kering 6 – 10 grm digodok dan diminum.
2. Ancaman aborsi, menstruasi yang banyak, air kemih berdarah dan wasir berdarah. Daun kering 15 -30 grm, atau bunga kering 9 -15 grm atau 6 – 10 grm kering digodok dan diminum.
3. Nyeri lambung dan ulu hati. Daun 15 – 30 grm atau akar 6 – 10 grm digodok dan diminum.
4. Air kemih berdarah, tidak dating menstruasi. Daun segar 60 – 100 grm atau 30 -60 grm akar kering, digodok dan diminum.
5. Sengatan ikan swanggi. Daun dipipis, dipanaskan dan diurapkan ke bagian yang luka.
6. Radang gusi. Kulit dikikis, beri garam sedikit dan dioleskan pada tempat yang sakit.













Coppyright Eyangresi313 @2010

2 komentar:

Anonim mengatakan...

My programmer is trying to convince me to move to
.net from PHP. I have always disliked the idea
because of the expenses. But he's tryiong none the less. I've been using WordPress
on a variety of websites for about a year and am nervous about switching to another platform.
I have heard fantastic things about blogengine.

net. Is there a way I can import all my wordpress posts
into it? Any kind of help would be greatly appreciated!

Also visit my web page ... cold sores

Anonim mengatakan...

Hey very interesting blog!

Also visit my blog post: couch surfing