Memberikan arahan kepada Anda yang mengarah kepada tingkatan dan keadaan kehidupan yang berimbang pada peningkatan kehidupan lahiriah & batiniah.




Sabtu, 05 Juni 2010

MUKJIZAT SABAR


Manusia telah dianugerahi kebebasan berkehendak. kebebasan ini merupakan bentuk kenikmatan Allah SWT agar manusia dapat memilih jalan yang akan menentukan hasil usaha seseorang dalam hidupnya. Karena itu, manusia harus berusaha menggapai kesempurnaan melalui amal perbuatannya, meskipun untuk mewujudkan hal itu tidaklah mudah. Namun, pada saatnya nanti, upaya untuk menggapai puncak kesempurnaan dan mengenali esensi pribadinya akan memperoleh ganjaran yang terbaik dan sesuai dengan usahanya.

Kita sebagai makhluk sempurna yang di ciptakan oleh Allah SWT di atas permukaan bumi ini, tidak boleh meremehkan "nikmat" karena seluruh kreasi Ilahi adalah anugerah bagi manusia. Sebaliknya, kita mesti mensyukuri semua kreasi Allah SWT. Dikarenakan segala bentuk yang sempurna di bumi dan jagad raya ini adalah nikmat Allah SWT.

Seluruh sifat alamiah yang dimiliki manusia, seperti rendah hati, tulus, sabar, pemaaf, warak, berani, mulia, dan bertanggung jawab, merupakan sifat-sifat psikologi atau akhlaqiyyah yang selaras dengan pertimbangan akal sehat.

Dalam hidup ini kita membutuhkan resep yang tepat untuk mengubah sikap yang kurang ndan berlebih-lebihan. Sikap ini muncul karena kita tidak mampu mengendalikan daya-daya yang tersimpan di dalam diri kita, yaitu : inteligensi, marah, hasrat, dan imajinasi. Resep yang tepat untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan adalah sikap sabar. Sebab sikap inilah yang menjadi fondasi dan sumber daya pribadi dan kesehatan jiwa.

Daya Inteligensi :
Cara memanfaatkan daya inteligensi akan menentukan kedudukan dan eksistensi dalam kepribadiaan seseorang. Dimana seseorng tidak lagi menggunakan akal sehat dan nalarnya, orang tersebut dianggap telah tergelincir dalam jurang kebodohan. Sebaliknya, dimana seseorang tersebut tidak mampu memanfaatkan akal sehat dan nalarnya akan memperoleh cakrawala hikmah yang mahaluas.

Untuk mengubah sikap kebodohan dalam diri manusia yang menjadi kekurangannya dibutuhkan sikap sabar dalam proses belajar sehingga kekurangan ini suatu saat menjadi sumber kekuatan hikmah. Sehubungan dengan hal ini, sikap sabar memiliki ikatan yang erat dengan daya itelingensi manusia, dan sikap ini pula yang membedakan tingkat inteligensinya.

Dikap sabar juga sejalan dengan prinsip-prinsip kesucian jiwa dan kepribadian dalam diri manusia, baik kesucian akal dan kesucian hati. ketika tingkat inteligensi seseorang meningkat kemampuannya untuk mereguk lautan hikmah akan bertambah. pada tahapan ini, ia akan lebih siap menghadapi segala macam permasalahan dan kesulitan.

Perasaan negatif bisa muncul dari kelemahan daya inteligensi seseorang. Perasaan tersebut kadang mencuat akibat daya inteligensi yang berlebuhan dan tidak etis, seperti kelicikan dan tipu muslihat. Pada akhirnya, ia akan terjerumus dalam jurang kebodohan dan tipu daya yang menyebabkannya bersikap temperamental dan kehilangan stabilitas emosional. Dalam istilah lain, orang tersebut telah mengabaikan batas-batas nalar dan rasionalitas.

Setiap orang pasti akan menghadapi masalah, seperti penyakit atau ujian. Setiap masalah akan menghapiri diri kita dalam bentuk dan cara yang beragm. Orang yang rugi adalah orang yang bodoh dan tidak mengerti bagaimana cara menghadapi maslahnya dengan cara ya g benar. Dan Orang yang beruntung dlah mereka yang bersabar serta tahu bagaimana cara menghadapi permasalahan secara bijak.


Daya Marah, Hasrat, dan imajinasi.
Setiqap diri manusia dapat mengubah kekuatannya menjadi keberanian, kemalasannya menjadi ketekunan, dan ketidak adilannya menjadi keadilan. Secara gamblang, ketakutan dan kemalasan sangat kontradiktif dengan keberanian dan ketekunan. Namun perlu diperhatikan pula bahwa pada saat tertentu sikap berlebihan dalam hal yang terpuji malah akan menjadi makruh. Bahwa keberanian adalah sifat terpuji yang bersandar pada daya kendali jiwa. sifat iniu akan mengontrol tindakan yang melampaui batas kewajaran.

Orang-orang yang gagal mengendalikan kemarahan berada dalam kekasauan jiwa. Mereka tidak memiliki kesabaran dalam mengontrol emosinya atau amarahnya yang eksplosif. Begitu juga orang-orang yang membutuhkan keberanian untuk menghadapi dan menguasai ketakutannya. Di sinilah kesabaran membentuk sikap kerelaan penerimaan, atau tegasnya kepasrahan diri sebagaimana yang dialamui oleh kaum miskin korban kapitalisasi.

Ketika menganggap bahwa pelayanan terhadap orang lain sebagai amal baik, kita harus menyadari bahwa rasa lelah, marah dan keluhan saat memberikan pelayanan merupakan perasaan negatif yang harus disingkirkan. perasan itu akan merusak nilai kebaikan yang telah kita lakukan. jika perasaan negatif itu menguasai pikiran dan tindakan kita, maka ia dapat menghalangi kecendrungan beramal saleh. Jika kita mampu menguasai perasaan itu, maka akan tumbuh dalam diri kita kesadaran beramal saleh.

Keberanian bersumber dari kesabaran. Hal ini seperti ketika kita menahan serangan musuh, melakukan perlawanan dan tidak melarikan diri karena takut berperng atau menghadapi permasalahan dan persoalan dalam hidup. Inilah kesabaran yang hakiki. Manusia yang berani akan mempertimbangkan terlebih dahulu untuk melawan musuh atau mengalah darinya sesuai dengan kondisi yang ada.

Penyebab lemahnya daya jiwa manusia terletak pada minimnya kesabaran dan kesucian diri. Sangat penting bagi diri kitamenyucikan jika dengan kesabaran sampai bersih dari egala dosa dan kejahatan, serta tunduk terhadap keutamaan-keutamaan akhlak. Dengan cara inilah diri kita mengarah pada pemurnian dan penyucian diri. jika diri kita mampu melewati jalan yang berat ini, kita akan meraih derajat yang tinggi dalam pengamalan Islam.

Sabar merupakan cara terbaik untuk memahami peran kita sebagai kaum muslim yang bertaqwa. Sabar mencerminkan dan menegaskan metode pembentukan prilaku kita. Jika ingin mencapai rahmat Allah SWT, selayaknya diri kita menjadikan sabar sebagai landasan hidup.

Kita memerlukan keutamaan sabar agar dapat menghadapi godaan setan dan membentangi iman kita. Orang yang sabar tidak akan mengkhawatirkan kesulitan. Dikarenakan ia mampu mengubah kehangatan yang pahit menjadi sesuatu yang manis untuk dilalui. Hendaknya kita senantiasa memohon pertolongan Allah SWT dan selalu bersabar dalam menghadapi berbagai kenyataan yang menyulitkan dan menyakitkan.

Kekuatan sabar dapat muncul dari keistimewaan shalat. keutamaan sabar dapat mengantarkan kita mencapai pengetahuan untuk mengaktualisasikan diri. Dengan pengetahuan ini kita juga akan mencapai kepuasan hati dan kebahagiaan hidup. Dan kekuatan sabar dapat melawan kelemahan. Ketika menghadapi kesulitan.Tidak ada jalan lain kecuali menghiasi diri dengan sabar dan menyerahkan semua urusan kepada Allah SWT. Bersikap sabar merupakan cara yang tepat untuk mengatasi setiap permasalahan hidup. di sinilah kekuatan sabar akan terlihat dengan jelas.

Sabar merupakan keutamaan yang dianugerahkan kepada kita agar mampu menghadapi segala kesulitan yang menimpa dengan ketabahan dan kegundahan hati. Allah SWT meridhoi orang-orang yang bersabar. Dikarenakan Allah SWT menghendaki diri kita mengembangkan potensi yang memungkinkan kita menundukkan kekuatan internal dan eksternal yang bertentangan dengan kebenaran. Dan, jalan untuk mengembangkan potensi ini adalah sholat dan dzikirrullah.

Dengan menjalin kerjasama diri kita dengan orang-orang yang bertakwa dan warak dalam membimbing serta mengarahkan kita dalam mencapai ridho Allah SWT. Dengan keutamaan sabar kita dapat menahan diri dari perkara-perkara yang tidak di ridhoi Allah SWT.

Hikmah Illahi merupakan sistem Mahatinggi yang melampaui kemampuan dan pemahaman manusia yang terbatas. namun, pengetahuan dituntut berusaha mengajar kebenaran, pengetahuan dan pemahaman sehingga mampu mewujudkan kepribadian yang benar.

Sabar merupakan keutamaan yang dianugerahkan kepada kita agar mampu menghadapi segala kesulitan yang menimpa dengan ketabahan dan keteguhan hati. Dan kesabaran mencerminkan dan menegaskan metode pembentukan perilaku manusia jika ingin mencapai rahmat Illahi.






Coppyright Eyangresi313 @2010

5 komentar:

TUKANG CoLoNG mengatakan...

sabar memang selalu membawa kita untuk menerima segala hikmah yang ada.:)

EYANG RESI 313 mengatakan...

Benar Gan dan terimakasih atas kunjungan dan komentarnya

bundadontworry mengatakan...

sabar seharusnya tanpa batas ya Yang.
seperti sabar dlm beribadah padaNYA.
sabar dlm menjauhi segala laranganNYA
sabar juga dlm mengerjakan segala perintahNYA.
salam

Sugeng mengatakan...

Benar kata bundadontworry sabar tidak ada batasnya balau ada batasnya berarti sudah tidak sabar. ;)
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

EYANG RESI 313 mengatakan...

>>> bundadontworry : trims bunda atas komentar dan kunjungannya.

>>> sugeng : trims ya sdh mau berkunjung dalam situs ini.